Energi Kinetik Dan Energi Potensial

Thursday, May 30th, 2013 - Kelas VIII

Energi kinetik dan energi potensial dapat saling berhubungan, kondisi ini dapat disebabkan karena energi pada benda tersebut mengalami perubahan. Sebagai contoh energi kinetik yang dihasilkan dari perubahan energi potensial grafitasi. Telah kita ketahui bahwa energi dapat berada dalam berbagai bentuk, misalnya cahaya, panas, dan gerak. Sekarang bayangkan sebuah batu yang diam di puncak tebing. Apabila batu tersebut didorong dan bergerak, maka batu tersebut akan jatuh, dan bergerak makin lama makin cepat. Batu yang bergerak tersebut memiliki energi kinetik. Pada saat batu diam di puncak bukit, batu tersebut memiliki energi potensial.

Energi Kinetik Pada Benda Bergerak

Biasanya, ketika kita berpikir tentang energi, kita berpikir tentang gerak. Energi kinetik adalah energi dalam bentuk gerak. Roda sepeda yang berputar, anak-anak yang berlari, dan plastik yang melayang semuanya memiliki energi kinetik. Berapa besarnya? Energi ini bergantung pada massa dan kecepatan benda yang bergerak. Semakin besar massa benda yang bergerak, energi kinetiknya juga semakin besar. Demikian juga semakin cepat benda bergerak, energi kinetiknya semakin besar. Truk yang bergerak pada 100 km/jam dalam gambar dibawah memiliki energi kinetik lebih besar dibanding sepeda motor yang bergerak dengan kelajuan yang sama. Tetapi sepeda motor tersebut memiliki energi kinetik lebih besar daripada sepeda motor sejenis yang bergerak pada 80 km/jam.

Contoh Energi Kinetik Pada Benda Bergerak

energi kinetik pada mobil,energi kinetik pada sepeda motor,perbedaan energi kinetik,energi kinetik pada objek bergerak,kecepatan energi kinetik

Energi Kinetik Dan Energi Potensial | Fisika Zone | 4.5
Mari berdiskusi tentang "Energi Kinetik Dan Energi Potensial"

free web tracker