Energi

College Loan Consolidation Tuesday, February 24th, 2015 - Kelas XI

Energi merupakan kemampuan untuk melakukan usaha. kita tentu tahu tentang hukum kekekalan energi. Hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan melainkan hanya dapat diubah bentuknya.

Advertisment

Perubahan energi terjadi ketika usaha sedang dilakukan. Misalnya, ketika kita melakukan usaha dengan mendorong meja hingga meja tersebut bergeser. Pada saat proses usaha sedang berlangsung, sebagian energi kimia yang tersimpan dalam tubuh kita diubah menjadi energi mekanik. Di sini kita berfungsi sebagai pengubah energi (konverter energi). Di sini kita akan mempelajari dua jenis energi, yaitu energi kinetik dan energi potensial.

Energi Kinetik

Kita sudah mempelajari energi kinetik secara kuantitatif. Sekarang kita akan mempelajari energi kinetik secara kualitatif, yaitu menurunkan rumus energi kinetik. Energi kinetik merupakan energi yang dimiliki oleh benda karena geraknya. Secara umum energi kinetik suatu benda yang memiliki massa m dan bergerak dengan kecepatan v dirumuskan oleh persamaan berikut.

E_{k}=\frac{1}{2}mv^2

Keterangan:

Ek : energi kinetik (Joule)
m : massa benda (kg)
v : kecepatan benda (m/s)

Energi Potensial

Energi potensial diartikan sebagai energi yang dimiliki benda karena keadaan atau kedudukan (posisinya). Misalnya, energi pegas (per), energi ketapel, energi busur, dan energi air terjun. Selain itu, energi potensial juga dapat diartikan sebagai energi yang tersimpan dalam suatu benda. Misalnya energi kimia dan energi listrik. Contoh energi kimia adalah energi minyak bumi dan energi nuklir.

Disini kita akan mempelajari energi potensial gravitasi. Apakah energi potensial gravitasi itu?

Sebuah benda dengan massa (m) dipengaruhi oleh percepatan gravitasi bumi (g), sehingga berat benda adalah (w = mg). Bila benda berada pada ketinggian h, maka usaha yang dilakukan benda pada ketinggian tersebut adalah W = F · s = mgh. Saat usaha dilakukan pada benda, berarti benda diberi energi. Energi suatu benda karena kedudukannya dinamakan energi potensial. Bila energi potensial dilambangkan dengan Ep, maka persamaan matematisnya adalah sebagai berikut.

Ep = m · g · h

Keterangan :

m : massa benda (kg)
g : kecepatan gravitasi bumi (m/s2)
h : ketinggian benda (m)
Ep : energi potensial (kg m/s2) atau Joule

EnergiContoh benda yang memiliki energi potensial

Mari berdiskusi tentang "Energi"

free web tracker