Massa Jenis Dan Pengukurannya

College Loan Consolidation Sunday, February 1st, 2015 - Kelas VII

Massa jenis merupakan ciri dari suatu zat oleh karena itu kita harus mengetahui tentang massa jenis dan pengukurannya. Sebagai contoh sebuah kelereng dapat ditimbang massanya dan dihitung volumenya. Hasil perbandingan antara massa dan volume kelereng menunjukkan kerapatan molekul-molekul di dalam kelereng. Hasil tersebut tentunya berbeda dengan perhitungan yang didapat dari perbandingan massa suatu bola gabus dengan volumenya.

Advertisment

Massa Jenis Dan Pengukurannya

Massa Jenis Dan Pengukurannya

Kerapatan molekul-molekul kelereng lebih tinggi daripada kerapatan molekul-molekul gabus. Dalam ilmu alam, kerapatan sering disebut dengan massa jenis. Pengertian massa jenis adalah massa tiap satuan volume. Massa jenis dilambangkan dengan simbol ρ (dibaca rho), salah satu huruf Yunani.

\rho =\frac{m}{V}

Keterangan:

ρ = massa jenis (kg/m3 atau g/cm3)
m = massa benda (kg atau gram)
V = volume benda m3 atau cm3)

Massa Jenis Zat

Massa jenis benda sering disebut dengan kerapatan benda dan merupakan ciri khas setiap jenis benda. Massa jenis tidak tergantung pada jumlah benda. Apabila jenisnya sama maka nilai massa jenisnya juga sama. Misalnya, setetes air dan seember air mempunyai nilai massa jenis sama yaitu 1 gram/cm3.

Berbagai logam memiliki nilai massa jenis besar dikarenakan atom-atom dalam susunan molekulnya memiliki kerapatan yang besar. Gabus atau stirofoam mempunyai massa jenis kecil karena susunan atom-atom dalam molekulnya memiliki kerapatan kecil.

Kerapatan Molekul Kecil Menunjukkan Massa Jenis kecilKerapatan Molekul Kecil Menunjukkan Massa Jenis kecil

Beberapa nilai massa jenis benda dapat dilihat dalam tabel massa jenis zat berikut :

Massa Jenis Berbagai Zat

Dari tabel tersebut dapat diketahui bahwa kerapatan logam tertentu seperti platina atau emas jauh lebih besar dibandingkan zat-zat lainnya. Massa jenis berbagai zat berbeda-beda walaupun benda-benda tersebut jumlah atau volumenya sama.

Massa jenis zat yang umum digunakan sebagai patokan adalah massa jenis air dan massa jenis raksa. Massa jenis air dalam wujud cair, yaitu 1000 kg/m3 atau 1 g/cm3, sedangkan raksa atau mercury memiliki massa jenis 13.600 kg/m3 atau 13,6 g/cm3.

Berat Jenis Zat

Selain massa jenis, dikenal pula berat jenis. Berat jenis adalah berat benda (w) tiap satuan volume (V). Bila berat jenis dapat dilambangkan dengan S, dapat dinyatakan dengan persamaan.

S=\frac{w}{V}

Keterangan:

S = berat jenis (N/m3 atau dyne/cm3)
w = berat benda (N atau dyne)
V = volume benda (m3 atau cm3)

Berat benda merupakan hasil kali antara massa benda (m) dengan percepatan gravitasi bumi (g), atau dapat ditulis sebagai.

w = m.g

Keterangan:

w = berat benda (N)
m = massa benda (kg)
g = percepatan gravitasi bumi (m/s2)

Dengan demikian, berat jenis dapat ditulis dalam bentuk lain sebagai berikut.

S=\frac{w}{V}=\frac{mg}{V}

Karena \rho =\frac{m}{V}  maka dapat ditulis

S = ρ . g

Jadi, berat jenis benda adalah hasil kali antara massa jenis dengan percepatan gravitasi.

Mari berdiskusi tentang "Massa Jenis Dan Pengukurannya"

free web tracker