Pengertian Gerak

College Loan Consolidation Thursday, January 29th, 2015 - Kelas VII

Pengertian gerak banyak dipaljari karena gerak merupakan gejala alam yang banyak diteliti karena bidang penerapannya yang luas. Kita dapat melihat kendaraan seperti sepeda, becak, sepeda motor, mobil atau bus yang berlalu lalang di jalan raya. Kendaraan-kendaraan tersebut dapat kita gunakan sebagai alat transportasi. Kita menggunakan kendaraan-kendaraan tersebut untuk menempuh jarak tertentu atau mengangkut barang. COntoh tersebut merupakan bentuk umum dari benda atau objek yang mengalami gerak.

Advertisment

Pengertian Gerak

Pengertian Gerak

Suatu benda dikatakan bergerak karena mengalami perubahan kedudukan dari titik acuan. Jadi, gerak adalah perubahan posisi atau kedudukan terhadap titik acuan tertentu. Gerak juga dapat dikatakan sebagai perubahan kedudukan suatu benda dalam selang waktu tertentu. Titik acuan adalah suatu titik untuk memulai pengukuran perubahan kedudukan benda. Adapun titik-titik yang dilalui oleh suatu benda ketika bergerak disebut lintasan.

Pengertian Gerak Fisika

Pengertian Gerak Lurus

Suatu benda dikatakan bergerak terhadap benda lain jika mengalami perubahan kedudukan terhadap benda lain yang dijadikan titik acuan. Sedangkan gerak lurus adalah suatu gerak yang mempunyai lintasan lurus. Mobil yang berjalan di jalan lurus dan kereta api yang berjalan merupakan contoh gerak lurus.

Contoh Objek Bergerak Dalam Pengertian Gerak Fisika

Berbeda halnya dengan peristiwa berikut, orang berlari di mesin lari fitnes (mesin kebugaran), anak yang bermain komputer dan lain sebagainya. Apakah mereka mengalami perubahan posisi atau kedudukan dalam selang waktu tertentu?

Contoh Pengertian Gerak

Kegiatan tersebut tidak mengalami perubahan posisi atau kedudukan karena kerangka acuannya diam. Penempatan kerangka acuan dalam peninjauan gerak merupakan hal yang sangat penting, mengingat gerak dan diam itu mengandung pengertian yang relatif. Sebagai contoh, ada seorang yang duduk di dalam kereta api yang sedang bergerak, dapat dikatakan bahwa orang tersebut diam terhadap kursi yang didudukinya dan terhadap kereta api tersebut, namun orang tersebut bergerak relatif terhadap stasiun maupun terhadap pohon-pohon yang dilewatinya.

Mobil yang berjalan dan yang pesawat bergerak meninggalkan lkitasan jelas dapat dikatakan bergerak. Bagaimana dengan penumpang mobil dan penumpang pesawat?

Sebenarnya, benda yang ”diam” dapat juga dikatakan bergerak. Hal ini bergantung pada titik acuan yang dipakai dan kedudukan benda yang berubah terhadap titik acuannya. Berdasarkan pengertian tersebut, penumpang mobil dan pesawat dapat dikatakan bergerak. Jika kita memkitang mobil sebagai titik acuan, maka penumpang mobil dikatakan diam. Sedangkan jika kita memkitang lkitasan pesawat sebagai acuan, maka penumpang pesawat dikatakan bergerak terhadap lkitasan.

Mari berdiskusi tentang "Pengertian Gerak"

free web tracker