Lord William Thomson Kelvin

College Loan Consolidation Friday, June 3rd, 2016 - Tokoh Fisika

Lord William Thomson Kelvin adalah ahli fisika, ahli matematika, penemu (memiliki 70 hak paten), guru besar, pengarang, dan presiden Royal Society. Ia lahir di Belfast, Irlandia, pada tanggal 26 Juni 1824. Gelar bangsawan Lord ia peroleh dari Ratu Victoria.

Advertisment

Lord William Thomson Kelvin

Lord William Thomson Kelvin

Karena kecerdasannya Lord William Thomson Kelvin, pada usia 10 tahun sudah masuk universitas. Usia 15 tahun, William Thomson Kelvin mendapat medali emas karena karangannya yang berjudul “Sebuah Esai tentang Bentuk Bumi”. Usia 17 tahun, ia meraih gelar BA dari Universitas Cambridge dan diangkat menjadi guru besar pada usia 22 tahun di Universitas Glasgow.

Karya Lord William Thomson Kelvin

Tahun 1841, ketika berusia 17 tahun, William belajar di Universitas Cambridge. Ia lulus pada tahun 1845 dan memperoleh gelar BA (Sarjana Muda) dengan nilai memuaskan. Pada tahun yang sama, dia mempelajari karya George Green (yang menerapkan matematika pada listrik dan magnetisme) dan karya ahli fisika dan kimia, Michael Faraday (manfaat magnet dalam menciptakan listrik dan bagaimana arus listrik mengeluarkan medan magnetis).

Tahun 1846, saat berusia 22 tahun, Thomson menjadi profesor dalam ilmu fisika (dulu disebut filsafat alam) di Universitas Glasgow. Dia memegang jabatan ini selama 53 tahun, meskipun banyak tawaran untuk mengajar di tempat lain. Ketika Thomson menjadi profesor ilmu fisika, fisika mencakup rentangan topik yang luas dan hampir tidak ada ikatan yang menghubungkan topik-topik tersebut. Namun, dalam karya-karya Fourier, Faraday, dan Green, dia mulai melihat adanya kesatuan. Dia sendiri mampu menentukan secara matematis hubungan antara gerakan fluida dan aliran listrik. Gagasan ini diperolehnya dari karya Fourier, ketika ia masih berusia 16 tahun.

Tahun 1848, William Thomson Kelvin mengemukakan skala suhu mutlaknya. Nol derajat skala Kelvin (nama belakangnya) merupakan nol mutlak, karena suhu paling rendah yang bisa diharapkan, yaitu benda tidak lagi memancarkan panas sedikit pun. Ia menjadi kaya raya dan terkenal setelah menemukan galvanometer kelvin dan siphon recorder yang dapat menangkap sinyal listrik yang lemah dan berhasil memasang kabel telegraf di dasar Samudera Atlantik yang menghubungkan antara Benua Amerika dan Benua Eropa oleh Lord William Thomson Kelvin.

Mari berdiskusi tentang "Lord William Thomson Kelvin"

free web tracker