Definisi Dan Bentuk Perubahan Energi

College Loan Consolidation Tuesday, January 26th, 2016 - Kelas VIII

Definisi Energi

Secara umum energi dapat didefinsikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha atau perubahan. Sumber energi dapat berasal dari banyak hal, sebagai contoh sumber energi yang paling dekat dengan kita adalah makanan sebagai sumber energi dan masih banyak lagi. Kita tentunya telah mengetahui berbagai contoh energi yang dimanfaatkan saat ini. Hampir semua yang kita lihat atau kerjakan melibatkan energi. Energi itu sesuatu yang agak misterius. Kita tidak dapat menciumnya. Dalam banyak kejadian kita tidak dapat melihatnya. Sebagai contoh, cahaya adalah salah satu bentuk energi, dan tanpa cahaya kita tidak mampu melihat apapun. Kita tidak dapat melihat listrik, tetapi kita dapat melihat akibatnya saat menyalakan lampu, dan kita dapat merasakan akibatnya pada panas yang dihasilkan oleh kumparan pemanggang kue. Kita tidak dapat melihat energi dalam makanan, tetapi kita dapat melihat dan merasakan akibatnya ketika otot-otot kita menggunakan energi tersebut untuk bergerak.

Advertisment

Macam-macam Bentuk Energi

Berdasarkan asalnya, energi dapat berupa :

  • Energi Mekanik, yang terdiri dari Energi Kinetik dan Potensial
  • Energi Panas ( Kalor )
  • Energi Bunyi
  • Energi Kimia
  • Energi Listrik
  • Energi Cahaya
  • Energi Nuklir, dan sebagainya

Perubahan Energi

Jika sebuah bola kasti terbang di udara dan memecahkan jendela, bola tersebut jelas mengubah jendela! Ketika sebuah benda mempunyai kemampuan mengubah lingkungannya, dikatakan benda itu memiliki energi. Bola kasti mempunyai energi dan melakukan usaha terhadap jendela menyebabkan jendela bergerak. Singkatnya, penggunaan energi melibatkan perubahan.

Penyebab Perubahan Energi

Secara tradisional, energi didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha, yakni menyebabkan sesuatu berpindah. Tetapi ketika usaha ditunjukkan, selalu ada perubahan. Hubungan ini memberikan definisi umum yang berguna. Energi adalah kemampuan untuk menyebabkan perubahan.

Perubahan Bentuk Energi

Jika kita meminta teman-teman kita untuk memberikan contoh-contoh energi, kita mungkin akan mendapatkan jawaban yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya mungkin menunjuk energi dalam api. Teman lain mungkin memberikan energi yang dibutuhkan untuk lomba lari. Energi terjadi pada berbagai bentuk yang berbeda. Api memiliki energi panas dan energi cahaya. Lemak yang tersimpan dalam tubuh kita mengandung energi kimia.

energi,arti energi,definisi energi,pengertian energi,teori energi,Sumber energi,contoh energi,bentuk energi,fungsi energi,manfaat energi,penggunaan energi,Penyebab Perubahan Energi,Perubahan Bentuk Energi,contoh-contoh energi,energi panas,energi cahaya,energi kimia,

Sebagai penyebab berubahnya benda-benda, energi itu sendiri seringkali mengalami perubahan dari satu bentuk ke bentuk lain. Perubahan bentuk energi terjadi di sekitarmu setiap hari. Ketika mobil terletak di tempat panas sepanjang hari, energi gelombang cahaya berubah menjadi energi panas yang menghangatkan bagian dalam mobil itu. Dalam api unggun seperti gambar diatas, energi kimia di dalam kayu berubah menjadi energi cahaya dan energi panas. Selama perubahan bentuk, misalnya saat cahaya berubah menjadi panas, banyaknya energi tetap sama. Tak ada energi yang hilang atau bertambah.

Hukum Kekekalan Energi

Energi di alam adalah tetap, sehingga berlaku hukum kekekalan energi yang menyatakan bahwa :

Energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, tetapi dapat diubah dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain

Berdasarkan hukum kekekalan energi maka energi dapat diubah dari bentuk energi yang satu ke energi yang lain. Misalkan saat kita menggunakan listrik untuk menyalakan televisi. Saat kita menyalakan televisi maka energi listrik diubah menjadi energi cahaya dan energi suara. Bahkan televisi jika terlalu lama dinyalakan akan menjadi panas, sehingga saat itu energi listrik pun di ubah menjadi energi panas.

Jadi energi bersifat kekal. Manusia hanya dapat menciptakan alat yang dapat berubah bentuk energi yang satu ke bentuk energi yang lainnya, yang disebut konversi energi. Misalnya :

  • Setrika Listrik : energi listrik menjadi energi panas
  • Lampu : energi listrik menjadi energi cahaya
  • Mobil : energi kimia menjadi energi mekanik
  • Lampu senter : energi kimia menjadi energi cahaya
  • Radio : energi listrik/kimia menjadi energi bunyi.

Mari berdiskusi tentang "Definisi Dan Bentuk Perubahan Energi"

free web tracker