Tegangan (Stress)

College Loan Consolidation Saturday, August 6th, 2016 - Fisika Kuliah

Tegangan (stress) adalah gaya yang bekerja pada permukaan seluas satu satuan. Tegangan merupakan besaran skalar yang memiliki satuan N.m-2  atau Pascal (Pa). Tegangan pada sebuah benda menyebabkan benda itu mengalami perubahan bentuk.

Advertisment

Tegangan(\sigma)=\frac{Gaya}{Luas Permukaan}=\frac{F}{A}

Jenis Tegangan (Stress)

Jenis Tegangan (Stress) Pada Benda PadatGambar 1. Jenis Tegangan (Stress) Pada Benda Padat

Ada tiga jenis tegangan, yaitu tegangan tarik yang menyebabkan pertambahan panjang (Gambar 1.a), tegangan tekan yang menyebabkan pengurangan atau penyusutan panjang (Gambar 1.b), dan tegangan geser yang menyebabkan perubahan bentuk (Gambar 1.c).

Regangan (strain) adalah pertambahan panjang suatu benda yang disebabkan oleh dua gaya yang sama besar dengan arah berlawanan dan menjauhi ujung benda.

Regangan=\frac{Perubahan Panjang}{Panjang Awal}=\frac{\bigtriangleup L}{L_{0}}

Tekanan adalah memendeknya suatu benda yang disebabkan oleh dua gaya yang sama besar dengan arah berlawanan dan masingmasing menuju tengah-tengah benda. Sedangkan geser adalah bergesernya permukaan suatu benda yang disebabkan oleh dua gaya yang sama besar dengan arah berlawanan dan masing-masing bekerja pada sisi benda.

Bentuk Umum Kurva Tegangan

Diagram Tegangan-Regangan

Gambar 2. Diagram Tegangan-Regangan

Apabila suatu jenis tegangan digambarkan pada suatu diagram, maka akan diperoleh kurva yang bentuknya berbeda-beda yang sesuai dengan bahan yang diuji tegangannya. Gambar 2 menunjukkan bentuk umum kurva tegangan dari suatu benda.

Kurva itu menunjukkan pertambahan panjang suatu benda atau bahan terhadap gaya yang diberikan padanya. Sampai suatu titik yang disebut batas proorsional. Kemudian pada satu titik tertentu benda itu sampai pada batas elastik dimana benda itu akan kembali ke panjang semula jika gaya dilepaskan. Jika benda diregangkan melewati batas elastik, maka akan memasuki daerah plastis dimana benda tidak akan kembali ke panjang awalnya ketiga gaya eksternal dilepaskan, tetapi tetap berubah bentuk secara permanen (seperti melengkungnya sebatang besi). Perpanjangan maksimum dicapai pada titik patah (titik pulus). Gaya maksimum yang dapat diberikan tanpa benda itu patah disebut sebagai kekuatan maksimum dari materi/benda itu. Tabel 1 menunjukkan daftar kekuatan tarik, kekuatan tekan, dan kekuatan geser maksimum untuk berbagai materi.

Kekuatan Maksimum Bahan (Gaya/Luas)

Tabel 1. Kekuatan Maksimum Bahan (Gaya/Luas)

Kami harap materi tentang tegangan (stress) diatas mudah dipahami.

Mari berdiskusi tentang "Tegangan (Stress)"

free web tracker