Susunan Dan Gerak Partikel Pada Berbagai Wujud Zat

College Loan Consolidation Sunday, February 1st, 2015 - Kelas VII

Susunan dan gerak partikel pada berbagai wujud zat dapat kita perkirakan secara nalar. Sebagai contoh  pakaian basah yang dijemur di terik matahari? Ketika menjadi kering, ke manakah air yang berada dalam pakaian basah tersebut? Tentunya dapat dijawab bahwa air itu menguap. Apakah kita dapat melihat uapnya? Tentu tidak karena partikel-partikel uap air itu sedemikian kecilnya, sehingga tidak tampak oleh mata. Partikel-partikel kecil itu disebut molekul.

Advertisment

Susunan Dan Gerak Partikel Pada Berbagai Wujud Zat

Susunan Dan Gerak Partikel Pada Berbagai Wujud Zat

Molekul diartikan sebagai bagian terkecil benda yang masih memiliki sifat seperti zat semula. Molekul-molekul tersusun oleh partikel lebih kecil lagi yang disebut dengan atom. Atom berasal dari bahasa Yunani yaitu atomos yang berarti bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. Dua atom atau lebih secara kimia dapat bergabung membentuk molekul. Oleh karena itu, dapat dikatakan semua zat terdiri atas molekul-molekul atau atom-atom penyusunnya.

Teori molekul atau teori atom dapat digunakan untuk menjelaskan perubahan wujud zat.

Zat padat mempunyai bentuk yang tetap, karena letaknya berdekatan dan teratur. Selain itu, molekul-molekul zat padat tidak dapat bergerak bebas karena satu sama lain mempunyai gaya tarik menarik yang sangat kuat. Hal itulah yang menyebabkan molekul-molekul zat padat tidak mudah dipisahkan. Gerak molekul-molekul zat padat hanya sebatas bergetar dan berputar pada tempatnya.

Susunan Molekul Zat Padat, Zat Cair, dan Gas

Susunan Molekul Zat Padat, Zat Cair, dan Gas

Zat cair memiliki bentuk yang tidak tetap dan selalu menyesuaikan tempatnya. Hal itu disebabkan karena molekul-molekul zat cair letaknya berdekatan, tetapi gerakannya lebih bebas dibanding gerak molekul zat padat. Molekul-molekul zat cair dapat dengan mudah berpindah tempat, namun tidak mudah meninggalkan kelompoknya karena masih ada gaya tarik menarik antar molekul-molekulnya. Untuk memahami bahwa zat cair memiliki bentuk yang tidak tetap, lakukan kegiatan berikut.

  1. Tuangkan air ke dalam piring sampai penuh.
  2. Amati dan gambarkan bentuk air dalam piring.
  3. Ulangi langkah 1 dan 2 dengan tempat air yang lain (botol, mangkok, dan gelas).

Pertanyaan, berdasarkan kegiatan tersebut, apakah bentuk air tetap? Jika berubah, itukarena sifat zat cair yang bentuknya kan mengikuti tempatnya.

Zat gas memiliki bentuk dan volume yang berubah-ubah, karena molekul-molekul gas dapat bergerak bebas. Jarak antara molekulmolekulnya berjauhan apabila dibandingkan ukuran molekulnya sendiri sehingga gaya tarik menariknya sangat lemah.

Mari berdiskusi tentang "Susunan Dan Gerak Partikel Pada Berbagai Wujud Zat"

free web tracker