Satelit Buatan Dan Gerak Edarnya

College Loan Consolidation Monday, September 22nd, 2014 - Kelas IX

Satelit pertama buatan manusia yang berhasil mengelilingi bumi adalah Sputnik 1 yang diluncurkan oleh Uni Sovyet pada tanggal 4 Oktober 1957. Satelit tersebut mengelilingi bumi dalam waktu 1 jam 36,2 menit dengan kecepatan 28.800 km/jam.

Advertisment

Selama bertahun-tahun, sejak peluncuran Sputnik 1 pada tahun 1957 itu, diluncurkan lebih dari 1000 buah pesawat ruang angkasa tak berawak. Pesawat-pesawat ini telah membawa berbagai macam informasi yang luas ke bumi tentang sistem matahari kita.

Satelit Buatan

Gerak Edar Satelit Buatan

Orbit sebuah satelit berputar mengitari sebuah benda di ruang angkasa biasanya berbentuk elips dengan bagian tengah benda ruang angkasa itu sebagai salah satu pusat elips.

Setiap orbit mempuyai apogee, yaitu titik yang terjauh dari benda angkasa dan perigee, yaitu titik yang terdekat dari benda angkasa. Titik-titik ini amat berbeda untuk masing-masing satelit, tergantung pada tujuan misi satelit. Penerbangan akan terus berjalan sangar lama, apabila perigee berada jauh dari bumi. Contohnya satelit Amerika Serikat Vanguard 1, dengan apogee 4000 km dan perigee 640 km, akan tetap berada di orbitnya untuk beberapa abad lamanya.

Pesawat ruang angkasa tak berawak adalah sebuah alat riset untuk menambah pengetahuan manusia mengenai atmosfer dan angkasa luar. Alat riset itu juga dapat menganalisis radiasi kosmik atau debu kosmik atau juga digunakan untuk menghitung perbenturan benda-benda di ruang angkasa. Alat itu juga mungkin dibangun untuk meneropong informasi awan bumi sehingga memudahkan pemetaan perubahan cuaca di bumi.

Pesawat ruang angkasa tak berawak membutuhkan sumber energi untuk mengoperasikan alat-alat yang berfungsi untuk transmisi signal-signal radio. Sumber energi yang digunakan adalah baterai sel matahari, yaitu sel silikon yang mengubah sinar matahari menjadi arus listrik. Arus listrik untuk menggerakkan alat-alat di dalam satelit diambil dari baterai kadmium nikel dan kemudian baterai ini diisi kembali oleh sel matahari. Sebagian besar permukaan satelit diliputi oleh sel-sel ini.

Sumber energi lain yang juga digunakan, yaitu generator SNAP yang langsung menghasilkan energi listrik dari tenaga atom. Kalau air dapat dipecah menjadi oksigen dan hidrogen dalam alat elektrolisis, maka sel bahan bakar ini bekerja sebaliknya.baterai ini diisi kembali oleh sel matahari. Sebagian besar permukaan satelit diliputi oleh sel-sel ini.

Satelit Buatan Yang Telah Diluncurkan Manusia

Satelit Amerika Serikat yang dibuat untuk melaporkan kebocoran dinding pesawat ruang angkasa yang disebabkan oleh benturan meteroit ialah seri satelit Pegasus. Seri satelit ini yang digunakan untuk memperleh informasi tentang radiasi, medan magnet dan gelombang radio di angkasa adalah sari satelit Explorer. Satelit juga digunakan inti observasi bumi, variasi pada orbit satelit Vanguard 1 dan 2 menunjukkan bahwa bumi berbentuk lonjong dari kutub ke kutub dan berbentuk elips di sekeliling khatulistiwa. Satelit Explorer 1,2 dan 12 telah menemukan suatu sabuk radiasi bumi, yaitu zone radiasi yang amat luas yang mengelilingi bumi di atas ekuator. Dalam zone ini terdapat partikel-partikel bermuatan yang berasal dari matahari dan tertangkap oleh medan magnet bumi. Satelit Teknologi Sumber Bumi digunakan untuk meneliti sumber kekayaan bumi dengan mengambil gambar bumi dan laut dalam radiasi inframerah dan dalam pita spektrum merah dan hijau muda.

Satelit Landsat telah menemukan lokasi sumber-sumber mineral, termasuk persediaan kandungan minyak. Landsat juga digunakan untuk pemetaan geologi untuik mengembangkan sistem dini bahaya gempa bumi. Sateli Magsat diluncurkan untuk mengawasi medan magnet bumi.

Observasi Matahari telah dilakukan oleh seri satelit Explorer dan seri Pioneer dan dua satelit Jerman Barat Helios 1 dan 2. Kemudian, diluncurkan lagi sebuah observatorium matahari Solar Max dan satelit Explorer Mesosfir.

Penelitian-penelitian telah dilakukan terhadap partikel-partikel matahari, sinar ultraviolet, korona matahari dan angin matahari. Solar max dibangun untuk mempelajari jilatan api matahari secara fisika dan efeknya terhadap bumi, sedang Explorer mempelajari pengaruh matahari terhadap formasi dan perusaka ozon di atmosfer bumi bagian atas.

Satelit cuaca dibangun untuk menunjukkan formasi awan yang tersebar di permukaan bumi. Pengambilan gambarnya dilakukan dengan menggunakan kamera televisi dan disiarkan ke bumi melalui telemeter. Amerika Serikat telah meluncurkan lebih dari 20 satelit cuaca dan Uni Sovyet juga tak ketinggalan meluncurkan seri satelit cuacanya. Satelit cuaca pertama yang diluncurkan oleh Amerika Serikat adalah Tiros 1 pada tahun 1960. satelir jenis lain ialah Nimbus 1 pada tahun 1964 dan Nimbus 6 pada tahun 1975 untuk mengukur radiasi di atmosfer bumi.

Satelit komunikasi dibangun untuk memberikan pelayanan radio dan televisi kepada sebagian besar penduduk di bumi. Satelit Palapa yang diorbitkan oleh pesawat ruang angkasa manfaatnya terutama untuk sistem penyebaran informasi di seluruh nusantara. Satelit yang digunakan untuk memberikan pelayanan radio dan televisi di bumi termasuk satelit pasif, sebab hanya memantulkan signal-signal dari stasiun ke stasiun lain tanpa memperkuat signal-signalnya.

Satelit aktif memperkuat signal-signal yang dipancarkan, misalnya satelit Telstar (AS), satelit internasional intelsat, satelit Molniya (US). Satelit-satelit komunikasi juga digunakan untuk menyiarkan informasi pendidikan dan kesehatan di desa-desa terpencil serta untuk telekomunikasi kapal laut. Satelit navigasi digunakan untuk menolong navigasi apabila kapal-kapal menemui kesukaran di daerah yang bercuaca buruk atau kesukaran dalam penghihatan di permukaan laut.

Satelit navigasi adalah satelit transit. Navigator yang menghadapi laut tebal dapat menghubungi satelit transit yang mengorbit dengan radio, sehingga satelit transit dapat menjawab melalui radio mengenai posisi kapal dan kemudian memandu kapal tersebut dari daerah kabut.

Satelit biologi yang juga disebut Biosatelit direncanakan untuk menguji coba reaksi berbagai macam organisme dalam perjalanan ruang angkasa. Satelit militer adalah jenis satelit buatan tak berawak yang digunakan untuk menyampaikan informasi-informasi guna kepentingan militer. Satelit dinamakan satelit mata-mata. Satelit mata-mata di ruang angkasa hampir semua dikuasai oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet, sateli midas (AS) dapat melihat peluncuran peluru kendali melalui alat sensor inframerah. Satelit Samos (AS) dapat melihat rincian sekecil-kecilnya dari instalasi Uni Soviet.

Mari berdiskusi tentang "Satelit Buatan Dan Gerak Edarnya"

free web tracker