Breaking News
Home / Fisika SMP / Kelas VII / Pengukuran SMP Kelas VII

Pengukuran SMP Kelas VII

Pengukuran merupakan kegiatan membandingkan suatu besaran yang diukur dengan alat ukur yang digunakan sebagai satuan. Misalnya, kamu melakukan kegiatan pengukuran panjang meja dengan pensil. Dalam kegiatan tersebut artinya kamu membandingkan panjang meja dengan panjang pensil. Panjang pensil yang kamu gunakan adalah sebagai satuan. Sesuatu yang dapat diukur dan dapat dinyatakan dengan angka disebut besaran, sedangkan pembanding dalam suatu pengukuran disebut satuan. Satuan yang digunakan untuk melakukan pengukuran dengan hasil yang sama atau tetap untuk semua orang disebut satuan baku, sedangkan satuan yang digunakan untuk melakukan pengukuran dengan hasil yang tidak sama untuk orang yang berlainan disebut satuan tidak baku.

Contoh Pengukuran

Tabel berikut adalah beberapa contoh pengukuran suatu benda atau kegiatan dalam kehidupan sehari hari yang dapat dijadikan referensi untuk memahami konsep dasar suatu pengukuran.

No.

Pengukuran

Besaran

Nilai

Satuan

1.

Panjang meja 1 meter Panjang

1

meter

2.

Massa beras 1,5 kilogram Massa

21,5

kilogram

3.

Waktu tempuh dari rumah ke sekolah 10 menit Waktu

10

menit

4.

Panjang papan tulis 15 pensil Panjang

15

pensil

Dari contoh di atas panjang, massa dan waktu disebut besaran, sedangkan untuk satuan meter, kilogram, dan menit disebut satuan baku. Untuk pensil disebut satuan tidak baku. Cobalah cari dan sebutkan berdasarkan apa yang kamu temukan di sekitarmu besaran fisika beserta satuan baku dan satuan tidak baku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

DMCA.com
Scroll To Top