Penerapan GLB Dan GLBB Dalam Kehidupan Sehari-Hari

College Loan Consolidation Tuesday, February 3rd, 2015 - Kelas VII

Penerapan GLB dan GLBB dalam kehidupan sehari-hari dapat kita jumpai pada kegiatan menggeser benda dirumah atau pada gerakan mobil yang melaju di jalan. Gerak benda yang bergerak lurus dikelompokkan dalam Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Benda dengan kecepatan tetap dan lintasannya lurus dikatakan melakukan gerak lurus beraturan. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) adalah gerak benda pada lintasan lurus dengan kecepatannya berubah secara teratur tiap detik.

Advertisment

Memahami Konsep GLB Dan GLBB

Gerak suatu benda dapat diselidiki menggunakan pewaktu ketik (ticker timer). Alat ini dilengkapi dengan pemukul getar dengan frekuensi listrik PLN 50 Hz atau sebanyak 50 kali ketikan dalam satu detik. Hal ini berarti satu ketikan memerlukan waktu 0,02 detik. Alat ini juga dilengkapi dengan troli (kereta dinamik), papan luncur, dan pita rekaman.

Penerapan GLB Dan GLBB Dalam Kehidupan Sehari-HariTicker Timer

Jenis gerakan benda dapat dilihat dari pita rekaman. Benda bergerak lurus beraturan (GLB) akan menghasilkan tanda ketikan yang jaraknya selalu sama dalam selang waktu tertentu.

Hasil Ketikan Ticker Timer untuk GLBHasil Ketikan Ticker Timer untuk GLB

Benda yang dipercepat akan menghasilkan tanda ketikan yang jaraknya semakin besar dan perubahannya secara teratur, sebaliknya apabila dihasilkan tanda ketikan semakin kecil berarti benda melakukan gerak diperlambat.

Hasil Ketikan Ticker Timer pada GLBB DipercepatHasil Ketikan Ticker Timer pada GLBB Dipercepat

Hasil Ketikan Ticker Timer pada GLBB DiperlambatHasil Ketikan Ticker Timer pada GLBB Diperlambat

Penerapan GLB Dan GLBB Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Beberapa peristiwa gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari antara lain, gerak mobil yang dipercepat dengan cara menekan pedal gas, gerak mobil yang diperlambat dengan cara menekan pedal rem, gerak jatuh bebas buah mangga dari tangkainya. Benda-benda di alam semesta banyak melakukan gerak lurus beraturan, seperti gerak planet-planet mengelilingi matahari. Penerapan GLBB dalam kehidupan sehari-hari di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Benda jatuh bebas.
  • Gerak seorang penerjun payung.
  • Gerak mobil dalam balapan mobil.
  • Gerak sebutir peluru yang ditembakkan oleh pemburu.

Mari berdiskusi tentang "Penerapan GLB Dan GLBB Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

free web tracker