Breaking News
Home / Fisika SMP / Kelas VIII / Partikel Partikel Materi SMP Kelas VIII

Partikel Partikel Materi SMP Kelas VIII

Semua materi yang ada di sekeliling kita tersusun dari bagian yang sangat kecil yang disebut partikel. Pensil dan buku yang kita pegang, kursi dan meja yang kita gunakan, juga rambut kita semuanya tersusun dari partikel. Partikel ini berukuran sangat kecil, sehingga tidak memungkinkan bagi kita memegangnya juga untuk melihatnya secara langsung. Meskipun demikian, dengan menggunakan mikroskop elektron kita dapat melihat kumpulan partikel ini. Gambar berikut memperlihatkan gambar jarum dan benangnya menggunakan mikroskop elektron.

Gambar Pembelajaran Partikel Suatu Materi (Objek)

partikel,materi,materi benda,materi smp kelas 8,partikel benda,partikel materi,partikel kelas 8,materi partikel kelas 8,teori partikel smp kelas 8,kumpulan partikel,Gambar Pembelajaran Partikel Suatu Materi (Objek),Partikel Partikel Materi SMP Kelas VIII,partikel penyusun materi,partikel penyusun materi smp kelas 8,partikel penyusun materi kelas viii,partikel penyusun materi kelas 8,percobaan partikel penyusun materi,uji coba partikel penyusun materi,praktek partikel penyusun materi

Gambar a diatas adalah gambar jarum yang biasa kita lihat. Jika dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron dengan pembesaran 130 kali kita akan lihat Gambar b diatas. Nampak bahwa sebenarnya permukaan jarum dan benang tidak sehalus yang kita lihat dengan mata secara langsung. Dengan pembesaran 60.000 kali kita akan lihat Gambar c diatas yang memperlihatkan bagaimana jarum tersusun dari kumpulan partikel.

Sekolah kita tentu saja belum memiliki mikroskop elektron. Tetapi kita tidak perlu berkecil hati, kita tetap dapat membuktikan keberadaan partikel penyusun materi dengan cara lain seperti yang akan kita pelajari dalam bagian berikut.

Siapkanlah selembar kertas putih. Buatlah titik-titik kecil dengan spidol hitam dengan jarak antar sesamanya kira-kira 1 mm dan tersebar pada luas sekitar 5 x 5 cm2. Buatlah titik-titik tersebut mengikuti suatu pola yang sama. Tempelkan kertas tersebut pada papan tulis dan pandanglah gambar titiktitik tersebut dari jarak dekat hingga kita dapat melihat titik-titiknya dengan jelas dan sampai jarak tertentu hingga kita hanya melihat warna kelabu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

DMCA.com
Scroll To Top