Molekul SMP Kelas VIII

College Loan Consolidation Thursday, July 18th, 2013 - Kelas VIII

Molekul merupakan partikel terkecil dari suatu zat yang masih memiliki sifat-sifat zat tersebut. Molekul tersusun dari dua atom atau lebih. Molekul dapat tersusun dari atom-atom yang berbeda, tetapi dapat pula tersusun dari atom-atom yang sama. Molekul yang tersusun dari atom-atom yang berbeda dinamakan molekul senyawa, misalnya molekul air (H2O) dan molekul karbondioksida (CO2). Tiap satu molekul air tersusun dari satu atom oksigen dan dua atom hidrogen, setiap satu molekul karbondioksida mengandung satu atom karbon dan dua atom oksigen. Sebagai contoh dapat dilihat gambar contoh molekul senyawa pada gambar berikut.

Advertisment

Molekul Senyawa Air Dan Karbon Dioksida

Molekul,partikel terkecil,Molekul tersusun dari dua atom atau lebih,molekul senyawa,molekul unsur,definisi molekul,pengertian molekul,arti molekul,molekul adalah,bagian molekul,contoh molekul,artikel molekul,materi molekul,materi molekul smp kelas 8,teori molekul,teori molekul smp kelas viii,materi molekul kelas viii,materi molekul smp,molekul untuk smp,teori molekul smp kelas 8,percobaan molekul,pembuktian molekul,menguji molekul,sifat molekul,fungsi molekul,bukti molekul

Molekul yang tersusun dari atom yang sama dinamakan molekul unsur, misalnya hidrogen (H2), oksigen (O2), nitrogen (N2), dan klorin (Cl2) . Tiap satu molekul oksigen tersusun dari dua atom oksigen. Gambar berikut merupakan contoh beberapa molekul unsur.

Molekul Unsur Hidrogen Dan Oksigen

Molekul Unsur Hidrogen Dan Oksigen,Molekul Unsur Hidrogen,Molekul Unsur Oksigen

Untuk membuktikan keberadaan molekul, dapat dibuktikan dengan percobaan menggunakan gula dan air berikut. Gula tersusun dari partikel-partikel kecil yang menyebabkan rasa manis. Setelah gula tersebut masuk ke dalam air, maka gula akan larut dan partikel-partikel penyusunnya akan menyebar diantara partikel-partikel air. Karena kecilnya partikel-partikel ini tidak dapat disaring, bahkan tidak dapat dilihat langsung oleh mata kita. Meskipun berubah menjadi partikel dengan ukuran sangat kecil, rasa manis tidak hilang. Partikel terkecil gula yang masih memiliki sifat gula tersebut disebut molekul gula.

Mari berdiskusi tentang "Molekul SMP Kelas VIII"

free web tracker