Massa Jenis Dalam Kehidupan Sehari-Hari

College Loan Consolidation Thursday, February 5th, 2015 - Kelas VII

Massa jenis dalam kehidupan sehari-hari dapat kita temui pada banyak bidang diantaranya transportasi, pembangunan dan pertambangan. Penggunaan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari ini dapat diterapkan karena massa jenis adalah massa tiap satuan volume. Massa jenis benda sering disebut dengan kerapatan benda dan merupakan ciri khas setiap jenis benda. Massa jenis adalah massa tiap satuan volume.

Advertisment

Massa Jenis Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut adalah beberapa contoh konsep penggunaan massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.

Konsep Massa Jenis Di Bidang Industri Transportasi

Kendaraan transportasi seperti pesawat terbang dan kendaraan bermotor menggunakan bahan baku yang berbeda. Pada umumnya pesawat terbang
menggunakan bahan aluminium dan titanium, karena bahan-bahan ini memiliki massa jenis kecil sehingga ringan tetapi kuat. Hal ini telah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya.

Massa Jenis Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kapal selam dapat terapung dan tenggelam di air. Ketika terapung massa jenis total kapal selam lebih kecil dari air laut dan sewaktu tenggelam massa jenis total kapal selam lebih besar dari air laut. Kapal selam memiliki tangki pemberat yang berisi air dan udara. Tangki tersebut terletak di antara lambung kapal sebelah dalam dan luar. Tangki dapat berfungsi membesar atau memperkecil massa jenis total kapal selam. Ketika air laut dipompa masuk ke dalam tangki pemberat, massa jenis kapal selam lebih besar dan sebaliknya agar massa jenis total kapal selam menjadi kecil, air laut dipompa keluar.

Bahan kendaraan bermotor tidak lagi menggunakan logam seperti zaman dahulu, untuk sekarang bahan kendaraan bermotor menggunakan fiberglass. Mobil balap seperti Formula menggunakan fiberglass, agar lebih ringan dan lentur. Begitu juga motor sekarang menggunakan fiberglass dalam bagian tertentu.

Konsep Massa Jenis Di Bidang Pembangunan

Konsep Massa Jenis Di Bidang Pembangunan

Bahan bangunan menggunakan zat atau bahan yang bermassa jenis besar, kuat, dan tidak mudah patah. Pembangunan jalan tol dan jembatan layang menggunakan konstruksi beton dengan menggunakan rangka baja, agar kuat dan tidak roboh untuk dipakai oleh berbagai kendaraan berat.

Konsep Massa Jenis Di Bidang Penambangan Mineral

Para ahli Geologi menaruh perhatian yang besar terhadap pengetahuan tentang massa jenis batuan. Makin ke dasar bumi, maka massa jenis batuan-batuan bumi makin besar. Batuan yang terdapat di permukaan bumi di antaranya granit, memiliki masa jenis 2.700 kg/m3. Batuan dari vulkanik lebih besar lagi, karena dihasilkan dari lava yang terletak di bagian bawah permukaan bumi.

Para ahli geologi memanfaatkan sifat benda terapung, melayang, dan tenggelam di dalam zat cair. Benda yang terapung berarti massa jenisnya lebih kecil dari massa jenis zat cair. Benda melayang berarti massa jenisnya sama dengan massa jenis zat cair. Sedangkan benda yang tenggelam berarti massa jenisnya lebih besar dari massa jenis zat cair.

Seiring perkembangan sains dan teknologi, maka para ahli geologi dapat memisahkan biji yang mengandung uranium dari granit. Ini dilakukan karena uranium memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Biji tersebut itu dipecah-pecah menjadi kecil, kemudian dimasukkan ke dalam zat cair yang terbuat dari kromoform yang massa jenisnya 4.000 kg/m3. Akhirnya granit mengapung karena massa jenisnya lebih kecil, yaitu 2.700 kg/m3, dan uranium tenggelam karena massa jenisnya 7.000 kg/m3

Mari berdiskusi tentang "Massa Jenis Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

free web tracker