Kecepatan Gerak Partikel

College Loan Consolidation Friday, February 12th, 2016 - Fisika Kuliah

Kecepatan gerak partikel dalam fisika dibedakan dalam 2 jenis yaitu kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat. Pada bagian ini kita kan memberikan informasi tentang kecepatan rata-rata,  kecepatan sesaat, percepatan rata-rata dan percepatan sesaat gerak partikel.

Advertisment

Kecepatan Gerak Partikel Rata-Rata

Kecepatan rata-rata ( v ) didefinisikan sebagai perbandingan perpindahan benda dengan selang waktu. Kecepatan rata-rata adalah besaran vektor dengan arahnya sama dengan arah vektor perpindahannya. Kecepatan rata-rata dapat dinyatakan dalam persamaan :

\bar {v}=\frac{\Delta x}{\Delta t}=\frac{x_{2}-x_{1}}{t_{2}-t_{1}}

Dimana :

Δx = perpindahan
Δt = selang waktu/waktu tempuh yang diperlukan

Jika x2 < x1, benda bergerak ke kiri, berarti Δx = x2 − x1 lebih kecil dari nol. Kecepatan rata-rata akan bernilai positif untuk benda yang bergerak ke kanan sepanjang sumbu x dan negatif jika benda tersebut bergerak ke kiri. Arak kecepatan selalu sama dengan arah perpindahan.

Kecepatan Gerak Partikel Sesaat

Kecepatan suatu benda ada suatu saat atau pada satu titik di lintasannya disebut kecepatan sesaat (v). Atau kecepatan sesaat dapat didefinisikan pula sebagai kecepatan rata-rata pada limit Δt yang menjadi sangat kecil, mendekati nol. Dengan demikian kecepatan sesaat dapat dituliskan sebagai berikut :

v=\lim_{\Delta t\rightarrow 0} \frac{\Delta x}{\Delta t}=\frac{dx}{dt}

Dalam hitung analisa harga limit \frac{\Delta x}{\Delta t}, dengan mendekatnya Δt pada harga nol, ditulis dx/dt dan disebut turunan atau derivat x terhadap t. Kecepatan sesaat adalah besaran vektor, arahnya sama dengan arah limit vektor perpindahan Δx. Karena Δt seharusnya positif, maka tanda v sama dengan tanda Δx . Jadi kecepatan positif menunjukkan gerakan ke kanan sepanjang sumbu x.

Percepatan Rata-Rata Dan Percepatan Sesaat

Kecepatan Gerak PartikelApabila kecepatan suatu benda berubah terus selama gerak belangsung, maka benda tersebut dikatakan bergerak dengan gerak yang dipercepat atau mempunyai percepatan. Jadi percepatan menyatakan seberapa cepat kecepatan sebuah benda berubah. Percepatan rata-rata didefinisikan sebagai perbandingan antara perubahan percepatan dengan selang waktu, atau dapat dinyatakan dalam persamaan :

\bar {v}=\frac{\Delta v}{\Delta t}=\frac{v_{2}-v_{1}}{t_{2}-t_{1}}

Dimana :

Δv = perubahan kecepatan
Δt = selang waktu

Percepatan sesaat suatu benda, yaitu percepatannya pada saat tertentu atau pada suatu titik tertentu lintasannya didefinisikan seperti cara mendefinisikan kecepatan sesaat.

a=\lim_{\Delta t\rightarrow 0} \frac{\Delta v}{\Delta t}=\frac{dv}{dt}

Arah percepatan sesaat ialah arah limit dari vektor perubahan kecepatan gerak partikel yaitu Δv .

Mari berdiskusi tentang "Kecepatan Gerak Partikel"

free web tracker