Keadaan Mata

College Loan Consolidation Sunday, March 8th, 2015 - Kelas VIII

Keadaan mata dapat dibedakan menjadi mata normal dan mata cacat. Bagaimana keadaan lensa mata kita pada saat melihat benda yang sangat jauh? Apakah mata berakomodasi pada saat tersebut? Jika mata kita melihat benda yang paling dekat maka lensa mata dalam keadaan paling tebal. Dikatakan mata kita sedang berakomodasi maksimum pada saat tersebut.

Advertisment

Keadaan MataTitik jauh (punctum remotum) adalah titik paling jauh yang masih dapat dilihat dengan jelas oleh mata yang tidak berakomodasi. Titik dekat (punctum proximum) adalah titik paling dekat yang masih dapat dilihat dengan jelas oleh mata yang berakomodasi maksimum.

Keadaan Mata Normal (Emetropi)

Untuk mata normal, mempunyai titik dekat kurang lebih 25 sentimeter dan titik jauh tak terhingga (jauh sekali). Pada mata normal (emetropi), titik jauhnya berada di tak berhingga dan titik dekatnya sekitar 15 cm sampai 25 cm. Berapa jarak baca matamu? Tahukah kita, jarak baca yang paling baik untuk membaca?

Keadaan Mata Cacat(Ametrop)

Cacat mata yang diderita oleh seseorang dapat disebabkan oleh kerja mata yang terlalu forsir atau cacat sejak lahir. Ada tiga cacat mata, yaitu rabun jauh, rabun dekat, dan mata tua. Ada orang-orang yang titik jauhnya terbatas atau titik dekatnya menjauh. Hal ini dikarenakan kelemahan (cacat) mata. Ada beberapa macam cacat mata, yaitu rabun jauh (miopi), rabun dekat (hipermetropi), dan rabun tua (presbiopi).

Jenis Cacat Mata

1. Rabun jauh (miopi)

Rabun jauh adalah cacat mata tidak dapat melihat dengan jelas benda-benda yang jauh letaknya. Hal ini disebabkan lensa mata tidak dapat memipih sempurna sehingga titik jauh tidak terletak di tak berhingga, tetapi di tempat yang dekat.

Rabun jauh (miopi)

Cacat mata miopi disebabkan lensa mata terlalu cembung atau bola mata terlalu lonjong. Dengan demikian, bayangan benda pada jarak baca jatuh di depan retina.

2. Rabun dekat (hipermetropi)

Rabun dekat adalah cacat mata tidak dapat melihat dengan jelas benda-benda yang dekat letaknya. Hal ini disebabkan lensa mata tidak dapat dicembungkan sempurna sehingga titik dekatnya lebih besar dari 25 cm.

Rabun dekat (hipermetropi)

Cacat mata hipermetropi disebabkan lensa mata kurang dapat dicembungkan atau bola mata terlalu pipih. Dengan demikian, bayangan dari benda yang terletak pada jarak baca normal jatuh di belakang retina.

3. Cacat mata tua (presbiopi)

Mengapa banyak orang tua memakai kacamata pada usia tuanya? Rabun tua adalah cacat mata yang disebabkan usia tua sehingga daya akomodasi mata sudah berkurang. Akibatnya, mata tidak dapat mencembung atau memipih secara sempurna. Jadi, mata tidak dapat melihat benda yang jauh maupun benda yang dekat letaknya. Kondisi cacat mata tua ini disebabkan oleh keadaan mata dengan daya akomodasi yang sudah lemah

Mari berdiskusi tentang "Keadaan Mata"

free web tracker