James Clerk Maxwell

College Loan Consolidation Thursday, March 5th, 2015 - Tokoh Fisika

James Clerk Maxwell dianggap ilmuwan terbesar antara zaman Isaac Newton dengan Albert Einstien. James Clerk Maxwell dilahirkan di Edinburg, Skotlandia. Maxwell adalah fisikawan Skotlandia yang pertama kali menulis hukum kemagnetan dan kelistrikan dalam rumus matematis.

Advertisment

Karir James Clerk Maxwell

James Clerk MaxwellPada tahun 1856, ia menerima posisi sebagai professor alam di sebuah perguruan tinggi di Aberdeen. Maxwell mempelajari cincin Saturnus dari tahun 1856 -1859. Ia menyatakan bahwa cincin tersebut terdiri atas partikel-partikel padat yang sangat banyak. Kalkulasi kalkulasi tentang partikel kecil dalam cincin Saturnus tersebut memberinya keterampilan untuk menangani gerakan acak molekul dalam gas. Dialah yang menggabungkan teori atom dengan teori kinetik panas untuk menghasilkan teori kinetik gas.

Setelah menjabat sebagai profesor di King’s College, London, selama lima tahun, Maxwell pensiun dan kembali ditempat asalnya untuk bereksperimen dengan gas dan berupaya memecahkan masalah elektromagnetik. Maxwell menerbitkan teori-teori dan temuan-temuan awalnya dalam Perception of Colour pada tahun 1860, dan Theory of Heat pada tahun 1871.

Penemuan James Clerk Maxwell

James Clerk Maxwell terkenal melalui formulasi empat persamaan yang menjelaskan hukum dasar listrik dan magnet. Kedua bidang ini sebelum Maxwell sudah diselidiki sejak lama dan sudah diketahui ada kaitan antar keduanya oleh ahli fisika. Namun, dengan berbagai hukum listrik dan kemagnetan sudah ditemukan dan memiliki kebenaran dalam beberapa segi, “sebelum Maxwell” tak ada satu pun dari hukum-hukum itu yang merupakan satu teori terpadu. James Clerk Maxwell berhasil menjabarkan secara tepat perilaku dan saling hubungan antara medan listrik dan magnet.

Dalam Treatise on Electricity and Magnetsm (1873), Maxwell mengembangkan empat persamaan ringkas yang menunjukkan bagaimana listrik dan magnetik menjadi satu sebagai elektromagnetik. Semua hukum listrik dan magnetik yang sebelumnya dikenal, bisa di ambil dari empat persamaan tersebut. Persamaan-persamaan Maxwelllah yang meramalkan keberadaan spektrum elektromagnetik. Spektrum elektromagnetik menyatakan bahwa cahaya tampak hanyalah bagian kecil darinya.

Teori ini mengilhami Heinrich Hertz menemukan gelombang radio. Persamaan-persamaan Maxwell di anggap sebagai perkembangan terpenting dalam fisika tahun 1800-an karena menunjukkan bahwa cahaya terdiri atas gelombang elektromagnetik. Maxwell meninggal pada usia 49 tahun, dan tidak mendapatkan penghormatan publik atas karyanya. Dan para ilmuwan mengakui kecerdasan dan sumbangsih James Clerk Maxwell di dunia ilmu pengetahuan.

Mari berdiskusi tentang "James Clerk Maxwell"

free web tracker