Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari

College Loan Consolidation Wednesday, January 28th, 2015 - Kelas IX

Gerhana bulan dan gerhana matahari terjadi karena Bumi dan Bulan bersama-sama mengelilingi Matahari, pada suatu saat kedudukan Bumi, Bulan, dan Matahari akan sejajar. Jika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan maka cahaya Matahari ke Bumi akan terhalangi. Kejadian ini disebut dengan gerhana Bulan. Sebaliknya, jika bulan berada di antara Bumi dan Matahari maka sebagian daerah di Bumi tidak mendapat sinar Matahari. Kejadian ini dinamakan gerhana Matahari.

Advertisment

Terjadinya Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari

Bulan mengelilingi Bumi dan Bumi mengelilingi Matahari. Hal ini akan membuat secara periodik Bulan akan berada didepan Matahari. Saat itu terjadi sinar Matahari yang menuju Bumi akan terhalangi. Terkadang sinar yang menuju Bulan pun terhalangi oleh Bumi yang tepat berada di antara Bulan dan Matahari. Kejadian seperti ini disebut Gerhana. Terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari ditunjukkan pada gambar berikut :

Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari

Gerhana Bulan

Peristiwa masuknya Bulan pada daerah bayang-bayang bumi disebut gerhana bulan. Gerhana bulan terjadi apabila Matahari – Bumi – Bulan berada pada satu garis lurus. Gerhana bulan terjadi pada malam hari ketika Bulan berada pada fase Bulan purnama.

Gerhana BulanProses Terjadinya Gerhana Bulan

Kita mengenal 2 macam gerhana bulan yaitu gerhana bulan sebagian dan gerhana bulan total. Gerhana bulan sebagian terjadi apabila bulan masuk pada daerah penumbra Bumi. Penumbra adalah daerah bayangbayang Bumi yang tidak terlalu gelap. Adapun gerhana bulan total terjadi apabila Bulan masuk pada daerah bayang-bayang umbra Bumi. Umbra adalah daerah bayang-bayang Bumi yang gelap.

Gerhana Matahari

Peristiwa terhalangnya sinar Matahari oleh Bulan sehingga sebagian tempat di Bumi tidak memperoleh cahaya Matahari disebut gerhana Matahari. Gerhana Matahari terjadi apabila Matahari – Bulan – Bumi berada dalam satu garis lurus. Gerhana Matahari terjadi pada siang hari dan pada saat Bulan berada pada fase Bulan Baru.

Gerhana MatahariProses Terjadinya Gerhana Matahari

Kita mengenal 2 jenisĀ gerhana Matahari yaitu gerhana Matahari sebagian dan gerhana Matahari total. Gerhana Matahari sebagian terjadi apabila Bumi masuk pada penumbra Bulan. Gerhana Matahari total akan terlihat oleh orang-orang yang berada di daerah umbra Bulan, sedangkan jika diamati dari daerah penumbra hanya akan tampak Gerhana Matahari sebagian.

Mari berdiskusi tentang "Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari"

free web tracker