Gelombang Transversal Dan Longitudinal

Friday, April 26th, 2013 - Kelas XII

Pada gelombang yang merambat  di atas permukaan air, air bergerak naik  dan turun pada saat gelombang merambat, tetapi partikel air pada umumnya tidak bergerak maju bersama  dengan gelombang. Gelombang seperti ini disebut gelombang transversal, karena gangguannya tegak lurus terhadap arah rambat, seperti yang diperlihatkan pada gambar dibawah, gelombang elektro magnetik termasuk jenis gelombang ini, karena medan listrik  dan medan magnet berubah secara periodik dengan arah tegak lurus satu sama lain. Dan juga tegak lurus terhadap arah rambat.

Contoh Gelombang Transversal Pada Air

Gelombang Transversal Dan Longitudinal,gelombang transversal,gelombang longitudinal,teori longitudinal,teori transversal,materi gelombang,soal gelombang,soal sma gelombang,contoh gelombang,rumus longitudinal,rumus transversal,contoh longitudinal,contoh gelombang transversal

Pada gelombang bunyi, udara secara bergantian mengalami perapatan  dan perenggangan karena adanya pergeseran pada arah gerak. Gelombang seperti ini disebut  gelombang longitudinal. Rapatan adalah daerah sepanjang gelombang longitudinal  yang memiliki tekanan  dan kerapatan molekul-molekulnya lebih tinggi  dibandingkan saat tidak ada gelombang yang melewati daerah tersebut. Sementara itu, daerah dengan tekanan dan kerapatan molekul-molekulnya lebih rendah dibandingkan saat tidak ada gelombang yang melewatinya disebut  renggangan. Gelombang longitudinal ini  ditunjukkan oleh gambar berikut.

Gelombang Transversal Dan Longitudinal | Fisika Zone | 4.5
Mari berdiskusi tentang "Gelombang Transversal Dan Longitudinal"

free web tracker