Gelombang Berjalan

College Loan Consolidation Tuesday, September 2nd, 2014 - Kelas XII

Semua gelombang akan merambat dari sumber ke tujuannya. Gelombang inilah yang dinamakan gelombang berjalan. Pada gelombang berjalan ini perlu dipelajari simpangan dan fasenya. Perhatikan pada penjelasan berikut.

Advertisment

Persamaan Gelombang Berjalan

Gelombang Berjalan,persamaan Gelombang Berjalan,simpangan pada Gelombang Berjalan,rumus Gelombang Berjalan,menghitung simpangan Gelombang Berjalanilustrasi Gelombang Berjalan,pengertian Gelombang Berjalan,Gelombang Berjalan adalah,definisi Gelombang Berjalan

Untuk lebih memahami tentang gelombang berjalan dapat dilihat pada gambar diatas. Seutas tali AB yang kita bentangkan mendatar. Ujung B diikatkan pada tiang, sedangkan ujung A kita pegang. Apabila ujung A kita getarkan naik turun terusmenerus, maka pada tali tersebut akan terjadi rambatan gelombang dari ujung A ke ujung B. Misalkan amplitudo getarannya A dan gelombang merambat dengan kecepatan v dan periode getarannya T.

Misalkan titik P terletak pada tali AB berjarak x dari ujung A dan apabila titik A telah bergetar selama t sekon, maka :

titik P telah bergetar selama t_{p}=(t-\frac{x}{\nu })

dimana  \frac{x}{\nu } adalah waktu yang diperlukan gelombang merambat dari A ke P.

Persamaan simpangan titik P pada saat itu dapat dinyatakan sebagai berikut :

Y_{p}=A.sin.\omega .t_{p}

Y_{p}=A.Sin.\omega \left ( t-\frac{x}{\nu} \right )=A. Sin\frac{2\pi }{T}(\omega t-\frac{\omega x}{\nu })

di mana  \omega =2\pi f=\frac{2\pi }{T}   maka persamaan tersebut dapat ditulis menjadi :

Y_{p}=A.Sin(\omega t-\frac{2\pi x}{T\nu })=A.Sin\left ( \omega t-\frac{2\pi x}{\lambda } \right )

Jika   \frac{2\pi }{\lambda }=k,   di mana k didefinisikan sebagai bilangan gelombang maka persamaan simpangan dapat dituliskan menjadi :

Y_{p}=A.Sin(\omega t-kx)

Persamaan tersebut yang disebut sebagai persamaan gelombang berjalan yang secara umum dapat dituliskan :

Y_{p}=A.Sin(\omega t\pm kx)

Dalam persamaan di atas dipakai nilai negatif (-) jika gelombang berasal dari sebelah kiri titik P atau gelombang merambat ke kanan dan dipakai positif (+) jika gelombang berasal dari sebelah kanan titik P atau gelombang merambat ke kiri.

Sudut Fase, Fase, dan Beda Fase Pada Gelombang

Besaran yang juga penting untuk dipelajari adalah fase gelombang. Fase gelombang dapat didefinisikan sebagai bagian atau tahapan gelombang. Seperti halnya pada getaran, pada gelombang berjalan pun dikenal pengertian sudut fase, fase, dan beda fase. Oleh karena itu perhatikan lagi persamaan gelombang berjalan berikut ini!

Y_{p}=A.Sin(\omega t-kx)=A.Sin\left (\frac{2\pi t}{T}-\frac{2\pi x}{\lambda }\right ) = A.Sin2\pi \left (\frac{t}{T}-\frac{x}{\lambda }\right )

di mana θ disebut sudut fase sehingga :

\theta _{p}=(\omega t-kx)=2\pi \left ( \frac{t}{T} -\frac{x}{\lambda }\right )

Mengingat hubungan antara sudut fase (θ) dengan fase (φ) adalah θ = 2πφ maka fase titik P adalah :

\varphi _{p}=\left ( \frac{t}{T} -\frac{x}{\lambda }\right )

Apabila pada tali tersebut terdapat dua buah titik, titik P yang berjarak x1 dari titik asal getaran dan titik Q yang berjarak x2 dari titik asal getaran, maka besarnya beda fase antara titik P dan Q adalah :

\Delta \varphi =\left ( \frac{x_{2}-x_{1}}{\lambda } \right )=\frac{\Delta x}{\lambda }

Mari berdiskusi tentang "Gelombang Berjalan"

free web tracker