Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Reaksi Kimia

College Loan Consolidation Tuesday, January 27th, 2015 - Kelas VII

Faktor yang memengaruhi reaksi kimia di antaranya ukuran partikel zat, suhu, pengadukan dan kadar zat. Reaksi kimia pada dasarnya karena tumbukan antar zat-zat pereaksi sehingga semakin sering terjadi tumbukan maka semakin cepat terjadinya reaksi. Dengan demikian kita dapat menjawab mengapa gula pasir jika dimasukan dalam air dan diaduk akan cepat larut.

Advertisment

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Reaksi Kimia

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Reaksi Kimia

  • Ukuran partikel zat
  • Suhu
  • Pengadukan
  • Kadar zat

Ukuran Partikel

Ukuran partikel reaktan sangat mempengaruhi kecepatan reaksi kimia. Semakin kecil ukuran partikel reaktan, maka semakin cepat reaktan bereaksi. Semakin besar ukuran partikel reaktan, maka semakin lama waktu yang diperlukan untuk bereaksi.

Suhu

Semakin tinggi suhu larutan, semakin mudah zat larut dalam larutan tersebut. Hal ini disebabkan pada suhu tinggi, partikel-partikel zat bergerak lebih cepat sehingga tumbukan antar partikel lebih banyak. Pada umumnya, peningkatan suhu sebesar 10°C akan menjadikan reaksi dua kali lebih cepat. Jika pada suhu 25°C kecepatan reaksi sebesar x, pada suhu 35°C kecepatannya menjadi 2x, pada suhu 45°C kecepatannya menjadi 4x, begitu seterusnya. Dengan demikian, semakin tinggi suhu reaksi, semakin cepat reaksi itu berlangsung.

Dari bebrapa faktor tersebut diatas dapat diketahui semakin tinggi suhu maka reaksi akan menjadi lebih cepat, mengapa hal itu terjadi? Jika temperatur dinaikan maka gerakan partikel semakin cepat dan tumbukkan menjadi lebih banyak dan mengakibatkan reaksi semakin cepat. Dengan demikian kita bisa menjawab mengapa gula cepat larut dalam air panas dari pada air es.

Sifat Zat

Setiap zat memiliki sifat yang berbeda. Dalam reaksi kimia, sifat zat yang perlu diperhatikan antara lain titik leleh, titik didih, titik beku, mudah terbakar atau beracun.

Pengadukan

Reaksi kimia terjadi ketika partikel-partikel bertabrakan. Kecepatan reaksi meningkat jika terjadi lebih banyak tabrakan setiap detik. Pengadukan menjadikan partikel-partikel zat bergerak dan bersentuhan dengan partikel lainnya sehingga suatu reaksi dapat berjalan dengan cepat.

Kadar Zat

Kadar zat yang lebih tinggi memiliki partikel zat terlarut banyak. Makin banyak partikel zat terlarut bergerak, makin banyak partikel yang bertabrakan. Banyaknya partikel yang bertabrakan menjadikan reaksi kimia berjalan lebih cepat.

Ukuran materi dan suhu mempengaruhi kecepatan reaksi selain itu kecepatan reaksi juga dipengaruhi kepekatan dan katalis. Kepekatan akan mempengaruhi laju reaksi sedangkan katalis akan mempercepat terbentuknya produk dari reaksi.

1 diskusi Pada Artikel "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Reaksi Kimia"
  • Pelajar Kelas 3 SMP says:

    makasih pak/ibu/kakak yang sudah memposting materi ini, materinya sangat membantu dalam belajar 🙂

Mari berdiskusi tentang "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Reaksi Kimia"

free web tracker