Faktor Daya

College Loan Consolidation Tuesday, March 3rd, 2015 - Kelas XII

Faktor daya atau sering disebut cos θ adalah perbandingan daya sesungguhnya dengan daya semu. Setiap alat-alat listrik seperti halnya lampu, seterika listrik, kompor listrik, ataupun alat-alat elektronik, misalnya TV, radio, komputer jika dinyalakan/dihidupkan beberapa lama akan memerlukan energi listrik . Energi yang diperlukan tiap satu satuan waktu atau tiap detiknya disebut daya. Pada perangkat sumber tegangan listrik nilai faktor daya ini sangat penting, karena faktor daya menyatakan tingkat efisiensi dari daya listrik yang dihasilkan. Semakin tinggi nilai faktor daya dari perangkat pengahsil sumber tegangan listrik maka perangkat tersebut memiliki kualitas yang lebih baik.

Advertisment

Faktor Daya

Nilai Faktor Daya

Besarnya daya pada rangkaian arus bolak-balik antara teori dengan hasil sesungguhnya dari hasil pembacaan alat ukur tidak sama, hal ini disebabkan adanya hambatan semu yang berasal dari induktor (XL) dan kapasitor (XC) yang disebut reaktansi induktif dan reaktansi kapasitif. Daya sesungguhnya yang timbul pada rangkaian arus listrik hanyalah pada hambatan murni saja (R). Perbandingan antara daya sesungguhnya (Pss) dan daya semu yang menurun (Psm) disebut faktor daya yang dinyatakan dalam persamaan :

Rumus Faktor Dayadi mana :

Pss = I2 R (daya sesungguhnya) dan
Psm = I2Z (daya semu)

Sehingga : Rumus Faktor Daya 2

Faktor Daya Rangkaian AC

Jadi daya sesungguhnya dalam rangkaian arus AC dapat dinyatakan sama dengan hasil perkalian daya hasil perhitungan teoritis dengan faktor daya yang secara umum dapat dituliskan :

P = V I cos θ

di mana :

P = daya sesungguhnya (watt)
V = tegangan efektif (Volt)
I = kuat arus efektif (A)
cos θ = faktor daya

Mari berdiskusi tentang "Faktor Daya"

free web tracker