Daya Pada Rangkaian Listrik Rumah Tangga

College Loan Consolidation Thursday, March 12th, 2015 - Kelas X

Daya pada rangkaian listrik rumah tangga ditentukan berdasarkan kebutuhan atau perangkat listrik yang digunakan para penghuni rumah tersebut. Semakin banyak perangkat listrik yang digunakan maka semakin besar beban dya yang ditanggung oleh jaringan listrik rumah tangga tersebut. Kawat dalam bentuk kabel listrik yang mengalirkan arus listrik ke komponen atau peralatan listrik memiliki hambatan, meskipun biasanya relatif sangat kecil. Akan tetapi, jika arus cukup besar maka kawat akan menjadi panas dan menghasilkan energi panas dengan kecepatan yang sama dengan I2. R, di mana R adalah hambatan kawat. Risiko yang mungkin terjadi adalah kawat pembawa arus menjadi sedemikian panas sehingga menyebabkan terjadinya kebakaran. Kawat penghantar yang lebih tebal tentu memiliki hambatan yang lebih kecil, sehingga membawa arus yang lebih besar tanpa menjadi terlalu panas. Apabila kawat penghantar membawa arus yang melebihi batas keamanan dikatakan terjadi “kelebihan beban”. Oleh karena itu dalam instalasi jaringan listrik rumah tangga perlu diperhatikan diameter kawat kabel penghantar listrik dengan perangkat listrik yang digunakan.

Advertisment

Pengaman Daya Pada Rangkaian Listrik Rumah Tangga

Daya Pada Rangkaian Listrik Rumah TanggaSekering sebagai pengaman daya pada rangkaian listrik rumah tangga

Untuk mencegah kelebihan beban, biasanya dipasang sekring (sakelar pemutus arus) pada rangkaian. Sekring seperti terlihat pada gambar diatas, sebenarnya merupakan sakelar pemutus arus yang membuka rangkaian ketika arus melampaui suatu nilai tertentu. Misalnya, sekring atau sakelar pemutus 20 A, akan membuka rangkaian ketika arus yang melewatinya melampaui 20 A. Hubungan pendek terjadi apabila dua kawat bersilangan sehingga jalur arus keduanya terhubung. Hal ini menyebabkan hambatan pada rangkaian sangat kecil, sehingga arus akan sangat besar.

Contoh Penggunaan Daya Pada Rangkaian Listrik Rumah Tangga

Rangkaian listrik rumah tangga dirancang dengan berbagai peralatan yang terhubung sehingga masing-masing menerima tegangan standar dari perusahan listrik. Gambar dibawah menunjukkan peralatan listrik dalam rumah tangga yang dirangkai secara paralel. Bila sebuah sekring terputus atau sakelar pemutus terbuka, arus yang mengalir pada rangkaian tersebut harus diperiksa.

Penggunaan Daya Pada Rangkaain Listrik Rumah TanggaDaya Pada Rangkaain Listrik Rumah Tangga

Semakin banyak perangkat listrik yang terpasang atau yang digunakan , maka semakin besar beban daya pada rangkaian listrik rumah tangga tersebut.

Mari berdiskusi tentang "Daya Pada Rangkaian Listrik Rumah Tangga"

free web tracker