Aplikasi Gelombang Elektromagnetik

College Loan Consolidation Sunday, February 28th, 2016 - Kelas X

Aplikasi gelombang elektromagnetik dalam kehidupan manusia dapat kita temui dalam berbagai bidang. Diantaranya Dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik, manusia dapat melakukan pengiriman informasi jarak jauh.

Advertisment

Aplikasi Gelombang Elektromagnetik Dibidang Telekomunikasi

Guglielmo Marconi (1874 – 1937) pada tahun 1890-an menemukan dan mengembangkan telegraf tanpa kabel. Dengan alat ini, pesan dapat dikirim sejauh ratusan kilometer tanpa memerlukan kabel. Sinyal yang pertama hanya terdiri atas pulsa panjang dan pendek yang dapat diterjemahkan menjadi kata-kata melalui kode, seperti “(.)” dan “(-)” dalam kode Morse.

Aplikasi Gelombang Elektromagnetik Dibidang TelekomunikasiKunci morse buatan Samuel Morse pada tahun 1838

Aplikasi Gelombang Elektromagnetik Untuk Radio

Pada dekade berikutnya dikembangkan tabung vakum, sehingga tercipta radio dan televisi. Proses pengiriman (kata-kata atau suara) oleh stasiun radio ditunjukkan pada gambar berikut.

Aplikasi Gelombang Elektromagnetik Untuk RadioDiagram blok pemancar radio

Informasi suara (audio) diubah menjadi sinyal listrik dengan frekuensi sama oleh mikrofon atau head tape recorder. Sinyal listrik ini dinamakan sinyal frekuensi audio (AF), karena frekuensi berada di dalam interval audio ( 20 Hz – 20.000 Hz). Sinyal ini diperkuat secara elektronis, kemudian dicampur dengan sinyal frekuensi radio (RF) yang ditentukan oleh nilai L dan C dalam rangkaian resonansi RLC, dan dipilih sedemikian rupa hingga menghasilkan frekuensi khas dari setiap stasiun, dinamakan frekuensi pembawa (carrier).

Pencampuran frekuensi audio dan pembawa dilakukan dengan dua cara, yaitu modulasi amplitudo dan modulasi frekuensi. Pada modulasi amplitudo (AM), amplitudo gelombang pembawa yang frekuensinya lebih tinggi dibuat bervariasi mengikuti sinyal audio, tampak seperti pada gambar (a) berikut.

Aplikasi Gelombang ElektromagnetikBentuk gelombang pada modulasi AM dan FM

Sementara itu, modulasi frekuensi (FM), frekuensi gelombang pembawa diubah-ubah mengikuti sinyal audio, tampak seperti pada gambar (b) diatas. Pemancar televisi, bekerja dengan cara yang sama dengan pemancar radio dengan menggunakan modulasi frekuensi (FM), tapi yang dicampur dengan frekuensi pembawa adalah sinyal audio dan video.

Selain dibidang telekomunikasi, aplikasi gelombang elektromagnetik diantaranya juga kita temuai dibidang pengobatan dan navigasi.

Mari berdiskusi tentang "Aplikasi Gelombang Elektromagnetik"

free web tracker